102, Red Hills Street, France solarsupport@mail.com +5263 5454 445
Hours: Mon to Fri 8:00am to 7:00pm

Beberapa Cara Mengobati Tipes Pada Anak dan Langkah Penangannya

Cara mengobati tipes pada anak, Demam tifoid ataupun lebih kerap diketahui dengan tipes merupakan permasalahan kesehatan yang diakibatkan oleh peradangan bakteri Salmonella typhi. Anak-anak sering hadapi keadaan ini sebab sistem imunnya belum terbentuk sempurna sehingga rentan terkena oleh peradangan bakteri. Ada juga gejala tipes pada anak yang umum terjalin merupakan demam besar, kehilangan nafsu makan, kendala pencernaan, dan timbul bintik kehitaman di kulit.

Ayo baca pembahasan lengkap mengenai cara mengobati tipes pada anak dalam postingan berikut ini.

Baca juga Rekomendasi Cara Mendidik Anak Dengan Baik!

Pemicu Tipes pada Anak

Demam tifoid ataupun tipes merupakan keadaan medis yang diakibatkan oleh peradangan bakteri Salmonella typhi. Tipes erat kaitannya dengan kebersihan dan bisa ditularkan lewat kotoran. Peradangan bakteri tersebut rentan terjadi pada anak-anak sebab mempunyai sistem imun yang belum terbentuk sempurna dan belum memahami pentingnya melindungi kebersihan. Ada juga beberapa aspek yang bisa meningkatkan resiko seorang anak hadapi tipes merupakan sebagai berikut:

  • Mempunyai daya tahan tubuh yang lemah.
  • Memakai perlengkapan makan bersama dengan orang lain.
  • Kebiasaan tidak cuci tangan saat sebelum makan.
  • Tinggal di area yang kurang terpelihara kebersihannya.
  • Memakai wc umum yang sudah terkontaminasi bakteri.

Gejala Tipes Pada Anak

Gejala tipes pada anak umumnya timbul dalam kurun waktu 2–3 pekan setelah terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhi. Ada juga beberapa gejala tipes pada anak yang umum terjadi merupakan sebagai berikut:

1. Demam Tinggi

Gejala tipes pada anak yang umum terjalin merupakan demam besar sampai 40 derajat Celcius dan dapat berlangsung selama satu pekan. Pada fase ini, temperatur tubuh anak akan naik secara bertahap dan perlahan. Saat demam, anak juga bisa mengeluhkan perih otot, sakit kepala, dan gampang lelah.

Demam tipes pada anak pada biasanya tidak kunjung mereda meski telah minum obat penurun panas.

2. Kehilangan Nafsu Makan

Tipes membuat anak merasa kurang nyaman dan tidak bisa merasakan makanan sehingga memicu hilangnya nafsu makan. Jika dibiarkan, keadaan ini ikut menimbulkan berat tubuh anak jadi turun ekstrem.

3. Kendala Pencernaan

Salah satu gejala tipes pada anak yang butuh diwaspadai merupakan kendala pencernaan, seperti diare ataupun wasir. Gejala ini terjalin sebab bakteri pemicu tipes, ialah Salmonella typhi, bisa hidup di dalam saluran pencernaan manusia.

Tidak hanya itu, saat terkena tipes, anak juga sering mengeluhkan rasa tidak nyaman pada perut, mual, muntah, sampai BAB berdarah.

4. Timbul Bintik Kehitaman pada Kulit

Bintik kehitaman pada kulit juga bisa timbul sebagai gejala tipes pada anak sehabis hadapi demam besar sepanjang 5–6 hari. Gejala ini umumnya timbul pada seluruh bagian badan kecuali wajah, telapak tangan, dan telapak kaki. Tetapi, bintik kehitaman tersebut lebih sering timbul pada perut dan dada.

Cara Mengobati Tipes Pada Anak

Apabila sang kecil menampilkan gejala seperti pembahasan di atas, lekas konsultasikan perihal tersebut dengan dokter supaya mendapatkan tindakan yang tepat. Nantinya, dokter akan melakukan diagnosis tipes pada anak lewat wawancara medis, pemeriksaan fisik, uji darah, kultur feses, dan tes widal.

Jika anak terindikasi mengidap penyakit tipes, dokter bisa menanganinya lewat beberapa tindakan medis, seperti:

1. Mengkonsumsi Obat-Obatan

Cara mengobati tipes pada anak yang pertama adalah Konsumsi Obat-obatan. Dokter bisa meresepkan obat antibiotik dalam wujud injeksi ataupun obat minum buat mengobati peradangan bakteri yang menimbulkan tipes pada anak. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antibiotik buat pengidap tipes selama 1 hingga 2 pekan. Tetapi, jika telah terjalin komplikasi, maka dokter bisa jadi akan meresepkan obat dalam jangka waktu yang lebih lama sekitar 4 pekan lebih.

Butuh diingat, walaupun gejalanya telah mereda, obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter wajib dihabiskan guna menghindari terbentuknya resistensi antibiotik.

2. Terapi Cairan

Cara mengobati tipes pada anak yang selanjutnya Terapi Cairan, seperti yang sudah dipaparkan lebih dahulu, tipes bisa memunculkan gejala berbentuk demam besar, diare, mual, dan muntah, sehingga rentan menimbulkan kehilangan cairan tubuh pada anak. Buat mengobati keadaan tersebut, dokter umumnya akan memberikan konsumsi cairan tambahan lewat infus.

3. Perawatan Mandiri di Rumah

Cara mengobati tipes pada anak yang terakhir Perawatan Mandiri di Rumah, tidak hanya lewat tindakan medis, penyembuhan tipes pada anak juga perlu dimaksimalkan dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Ada juga perawatan mandiri yang butuh dicoba buat mempercepat pengobatan tipes pada anak merupakan sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan sehat yang bertekstur lembut dengan gizi seimbang.
  • Istirahat yang cukup.
  • Perbanyak minum air putih, jus buah, ataupun air kelapa buat menghindari kehilangan cairan tubuh.
  • Memastikan makanan yang disajikan sudah dicuci dan dimasak dengan baik.
  • Melindungi kebersihan area rumah.
  • Memastikan sang anak selalu teratur cuci tangan saat sebelum makan.

Itu ia beberapa gejala tipes pada anak dan cara mengobati yang penting untuk dikenal oleh orang tua. Walaupun terkategori sebagai penyakit yang umum terjadi pada anak, tipes butuh ditangani dengan pas supaya tidak memunculkan kendala kesehatan yang lebih sungguh-sungguh. Sebab itu, lekas konsultasikan keadaan badan sang anak dengan dokter terdekat paling utama jika menampilkan gejala tipes seperti pembahasan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *